July 22, 2024

Tali kawat adalah perangkat mekanis yang sangat kompleks yang membantu dalam memindahkan suatu objek, memuat suatu objek dan dalam mendukung industri rigging dan lifting. Tali kawat memudahkan untuk memindahkan satu objek atau lainnya dari satu tempat ke tempat lain. Tali kawat memiliki banyak bagian yang bergerak; membantu dalam mendukung fungsi

Pengerjaan tali kawat: Tali kawat dipasang pada derek atau kerekan, dengan alat putar, belenggu, atau pengait yang dipasang di ujungnya untuk pemuatan dan pergerakan dengan cara yang terkendali. Aplikasi termasuk mengangkat dan menurunkan lift dan suspensi menara dan jembatan.

Komponen tali kawat

Tali kawat memiliki inti baja atau serat dan mungkin juga memiliki pelumasan. Ini adalah kabel yang terbuat dari logam membentuk untaian tunggal. Kabel-kabel ini membentuk untaian tali individu.
Tali kawat dapat berupa tali kawat baja tahan karat atau galvanis. Kabel baja galvanis dapat ditemukan sebagai pelamar di industri kelistrikan (kabel tetap). Ada untaian berbeda yang dicirikan karena ketahanannya terhadap abrasi dan kemampuan menahan beban.

Besi tahan karat

Baja tahan karat dibuat dengan menambahkan kromium ke baja cair dan tahan karat serta tahan kerusakan akibat air (bahkan air asin). Baja tahan karat adalah elemen terbaik untuk lingkungan laut ( karena sifat-sifatnya).
Karena baja tahan karat adalah paduan besi bersama dengan persentase kromium yang sangat kecil (10,5%), permukaan baja memiliki lapisan tipis oksida. Lapisan ini dikenal sebagai lapisan pasif. Dengan bantuan lapisan ini, korosi pada permukaan dapat dicegah.
Baja tahan karat juga mengandung karbon, silikon, nikel, molibdenum, dan mangan dalam berbagai konsentrasi. Karena baja tahan karat memiliki banyak elemen di dalamnya, ia memiliki berbagai sifat yang berguna, termasuk peningkatan ketahanan terhadap korosi dan peningkatan sifat mampu bentuk.
Tali kawat baja tahan karat sangat tahan terhadap korosi dalam air asin lebih tahan dari tali kawat galvanis dan sangat cocok untuk aplikasi kelautan. Salah satu fitur baja tahan karat yang paling menarik dan mencolok adalah tetap sama selama bertahun-tahun; tampilan stainless steel tidak kusam atau pudar dan memberikan tampilan bersinar dalam jangka panjang. Karena sifat baja tahan karat yang berkilau, digunakan untuk keperluan arsitektur dan tampilan modern (pagar, pegangan tangan, pagar kabel, kabel arsitektur, dll.

Fitur dan aplikasi tali kawat baja tahan karat

•    Ketahanan korosi yang sangat baik
•    Kualitas beban putus yang sangat baik
•    Non-magnetik; bidang angkatan laut dan penerbangan
•    Aplikasi kelautan ( rigging, pengolahan limbah, penahan tiang, dan kabel kemudi)
•    Peregangan rendah
•    Penampilan dekoratif tinggi
•    Kabel kontrol, sling, tali davit (aplikasi umum)
•    Aplikasi arsitektur (langkan, dek, pagar pembatas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *